Categories
Home

Desain 3 Rumah di Satu Atap

Tiga keluarga bergotong royong untuk menciptakan hunian hijau. Dalam satu atap mereka pun memulai kembali tradisi arsitektur nusantara yang telah lama dilupakan; kebersamaan dalam satu atap.

Anda mungkin pernah mendengar kampung Wae Rebo, sebuah perkampungna tradisional yang terletak di kecamatan Satarmese, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur. Wae Rebo memiliki 7 rumah berbentuk kerucut yag dihuni sekitar 112 kepala keluarga atau sekitar 625 jiwa. Konsep inilah yang kemudian diadopsi Rahmat indrani, arsitek dari biruo arsitek SPOA (Small Perception Office Architecture), dalam proyek rumh komunal yang digawanginya.

Rumah komunal merupakan konsep rumah bersama yag terdiri dari 3 rumah dan memiliki fungsi nyata untuk menjawab isu lingkungan secara bersama-sama. Lewat proyeknya ini, ia berusaha mengembalikan tradisi arsitektur nusantara yang sempt hilang, yakni kebersamaan dalam satu atap. Tak hanya itu, rumah komunal ini pun mencoba menerjamahkan konsep sustainability (keberlangsungan) dalam kemasan yang lebih modern, mudah diterapkan dan hemat biaya pembangunan.

“Dengan 3 rumah dalam satu atap, biaya opersional menjadi lebih efesien karena dibiayai oleh lebih dari satu keluarga. Selain itu, pengoperasian hunian pun dapat dinikmati secara bersama, seperti pengolahan limbah, pengolahan air hujan menjadi air bersih dan pemanfaatan biogas,” ujar Rahmat memulai cerita.

Patungan Hijau

Rahmat mengungkapkan hal yang membuat konsep hijau pada hunian pribadi sulit diwujudkan karena investasi awalnya berbujet besar. Dengan rumah komunal satu atap ini, ongkos pembangunan menjadi lenih murah karena dibiayai 3 keluarga sekaligus.

Rumah komunal ini hanya terdiri dari satu septic tank sentral yang dimanfaatkan sebagai energi biogas. Energi biogas ini digunakan sebagai energi alternatif untuk menunjang keperluan dapur seperti memasak dan pupuk organik. Selain itu, ada pula pengolahan limbah air kotor yang ditampung dalam satu sistem di area servis.

Tak lupa juga untuk menambahkan sebuah instalasi genset sebagai sumber listrik alterntif ketika listrik dari PLN sedang padam. untuk mendapatkan harga genset yang murah bisa membelinya melalui Distributor Jual Genset Bali yang memberikan garansi resmi serta potongan harga di setiap pembelian unit baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *